Balada Mama Balabala

No More “N” Word

Posted on: February 23, 2019

10 Februari 2019

.

Akhirnya hari besok tiba. Hari dimana saya berhenti tidur miring setiap malam. Hari dimana saya berhenti memakai breastpad. Hari dimana saya bakal jarang ngalamin masuk angin karena kancing baju kebuka semaleman.

.

Banyak yg bilang menyapih atau weaning bukan proses yg mudah. Kelekatan yg selama ini sudah terbiasa dijalin ternyata harus distop. Sebagai anak pasti merasa gak enak. Gak nyaman. Ada kehilangan bagi si anak karena selama ini sepertinya kasih sayang jadi tidak ada (padahal masih ada). Huff tentunya ini jadi beban pikiran buat saya belakangan. Gimana ya nanti? Bisa ga ya dia? Sebenarnya yg paling saya kuatirkan lebih ke respon saya. Saya tau kelemahan saya adalah sering reaktif dlm menghadapi Cia2. Saya cm takut jd emosional dlm menghadapi Cia2. Huhu.

.

Sehari sebelum sapih, saya seharian cari dan baca artikel tentang menyapih. Saya juga tanya sana sini ke teman2 saya. Menggali pengalaman mereka. Pokoknya saya merasa harus memahami dulu prosesnya seperti apa dan bagaimana baru saya merasa lebih yakin menghadapi besok. Saya juga berusaha mencari artikel Kristen yg berhubungan dg menyapih. Ternyata ga ada ya hehehe. Jadi saya baca2 aja artikel Kristen tentang motherhood. Lalu saya rasa saya ga bisa cm mengisi otak saya dg pengetahuan aja. Salah ni kalo begini. Rasanya saya perlu siapin hati jg sama Tuhan. Jadi pas Cia2 tdr siang saya tenangin diri sambil berdoa dan merenung.

.

Ada 1 artikel yg saya baca. Di situ saya diingatkan bahwa Motherhood bukan sekedar ttg diri ibu itu sendiri. Tapi juga ttg bagaimana kita belajar mengasih Cia2 seperti Kristus mengasihi anakNya. Ini klasik bgt ya. Tp pas saya gumulin ttg menyapih ini, saya jujur ditegur sm Tuhan. Menyapih pun bukan sekedar artinya hore saya bebas dari tanggung jawab saya untuk menyusui. Bebas dari ketidaknyamanan yg ada saat menyusui. Bukan sekedar itu, Mak.

.

Menyapih berarti suatu proses mengantarkan Cia2 menuju kedewasaan. Bahwa ga bisa selamanya kamu mengenyot payudara Mama. Kamu harus belajar tidur sendiri. Makan dari makanan lain yg lebih padat dan bernutrisi. Kamu sudah besar. Kamu bertumbuh dan berkembang. Dan sama dg kesukacitaan kami melihat kamu bertumbuh, sama juga rasa ketidaknyamanan yg ada dalam proses tersebut. Growing pain will always be there. Tapi ga berhenti di situ, menyapih mengingatkan saya bahwa itulah gunanya orang tua dalam masa2 sulit bagi anak tersebut. Sama seperti Tuhan yg selalu berjanji bahwa Dia akan selalu ada buat anak2Nya dalam masa2 sulit. Saya dan suami jg belajar kalau kami harus berusaha menunjukkan kami tetap mengasihi Cia2 walaupun dia kehilangan “bukti kasih sayang” yg selama ini dia andalkan.

.

Saya juga belajar bersyukur untuk penyertaan Tuhan selama proses saya menyusui Cia2. Saya rasa perjuangan ASI mulai dari awal itu memang banyak banget sampai rasanya bisa dibikin beberapa episode jurnal. Sempat mau nyerah setelah 1 tahun. Ternyata bisa ya saya sampe 2 tahun 😭. Tuhan baik banget. Rasanya seperti sudah berjalan panjang dan lamaaaaa sekali. Kalo diingat rasanya mau nangis campur hepi campur bersyukur campur cape. Thank you, God. πŸ˜­πŸ™

.

Pada akhirnya saya akhirnya belajar buat mengandalkan Tuhan untuk proses ini. Belajar mengakui kelemahan saya dlm mengendalikan emosi di hadapan Tuhan. Minta Tuhan yg menolong saya dlm menghadapi Cia2. Saya jg belajar bahwa ada dua hal yg penting yg harus melandasi segala pengetahuan yg saya terima ttg proses menyapih ini. Hikmat dalam melihat situasi dan kondisi anak sehingga tau mana pengetahuan yg harus diterapkan, mana yg tidak. Be flexible jg dlm arti be wise dalam menjalani proses. Dan yg kedua, kasih kepada Cia2 itu sendiri. Hiks. Kasih yg mengutamakan kepentingan anak ketimbang kepentingan diri sendiri. Kasih yg membangun. Kasih yg mendidik. Kasih yg harus terus dilatih di kami yg sering jatuh bangun mengasihi. Tuhan yg tolong kami selalu. πŸ™

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Archives

February 2019
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  
Advertisements
%d bloggers like this: